Senin, 05 September 2016

Cara Mengusir Nyamuk Zika Dengan Bahan Alami

Penyebaran virus Zika yang telah memasuki singapura pasti membuat masyarakat indonesia khawatir. Virus ini masih memiliki dugaan kuat dpat menyebabkan anak mengalami cacat otak bila mengenai ibu saat hamil.

Belum lagi kawasan nusantara yang begitu dekat dengan singapura dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit dari batam.


Untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti, nyamuk yang berpotensi membawa virus DBD dan Zika, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Seperti, menggunakan pakaian panjang atau pemakaian obat nyamuk, lotion dan sebagainya. Namun selain itu, ternyata ada bahan alami yang bisa membantu anda mengusir nyamuk pembawa Zika.

1. Bawang putih

Konsumsi sebanyak mungkin bawang putih. Bau sulfur secara alami akan merembes keluar melalui pori-pori kulit dan nyamuk tidak menyukainya. Anda bia membuat semprotan dari bawang putih yang sederhana dengan merebus beberapa siung bawang putih dalam dua gelas air. Saring air bawang putih, kemudian simpan cairan dalam botol semprot. Cairan ini bisa anda gunakan di dalam ruang atau pada tanaman dirumah anda.

2. Membuat obat nyamuk alami sendiri

Campur 25 tetes minyak esensial lemon eucalyptus dengan 60ml masing-masing witch hazel dan minyak kedelai. Semprotkan cairan ini ke seluruh tubuh agar terhindar dari nyamuk.

3. Simpan tanaman anti nyamuk

Berbagai tanaman seperti mint, serai dan kemangi, dikenal bisa mengusir nyamuk. Simpan saja tanaman ini pada sebuah pot sebagai hiasan dirumah. Bila pekarangan rumah anda bagus,  ahli parasitologi, Prof. dr. saleha sungkar, DAF&E, MS, Sp. Park dari fakultas kedokteran Universitas Indonesia menyarankan menanam Zodia (Evadia suaveolens)

" Ada banyak tanaman yang bisa mengusir nyamuk seperti lavender, sereh, talas, dan geranium. Tapi diantara tanaman itu, zodia memiliki bau yang kuat dan tidak disukai nyamuk. Letakkan tanaman dipekarangan untuk menghindari dari DBD dan Zika, " kata dia beberapa waktu lalu. Dan yang penting, hindari tanaman yang menyisakan genangan air meski 1-2cc karena nymauk bisa berkembang biak.

4. Gunakan ampas kopi

Nyamuk benci bau kopi. Taburi saja bubuk kopi di pot tanaman atau di balkon anda. Anda juga bisa menyimpannya di dalam mangkuk kecil disekitar rumah anda.

5. Gunakan minyak esensial

Nyamuk tidak suka dengan minyak esensial termasuk lavender, eucalyptus, sereh dan minyak jeruk.

6. Gunakan Herbal

Nyamuk juga tidak suka aroma herbal tertentu, seperti rosemary. Ambil lima hingga tangkai rosemary dan panggang dalam oven aroma mengisi rumah abda.

7. Gunakan cengkeh

Nyamuk benci dengan aroma atau bau cengkeh.

8. membuat perangkap nyamuk sendiri

Iris botol soda dua liter menjadi dua. Lepaskan tutup, kemudian balik bagian botol atas dan satukan dengan bagian bawah. Bagian leher botol sekarang menyerupai corong. Gunakan lakban untuk mengamankan corong. Leher botol setidaknya 5cm dari dasar botol.

Larutkan dua sendok makan gula merah dalam secangkir air panas dan dinginkan, tuangkan ke corong. Kemudian, tambahkan satu sendok makan ragi. Umpan nyamuk ini menghasilkan karbondioksida yang akan menarik nyamuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar